Most View

Penjelasan mengapa $1^\infty$ tak tentu

Gambar
  Misakan ambil beberapa bentuk yang dapat dibentuk menjadi $1^\infty$ yaitu 1. $\lim_{x \rightarrow \infty}(1+\frac{1}{x})^{x}$. 2. $\lim_{x \rightarrow \infty}(1-\frac{1}{x})^{x}$. 3. $\lim_{x \rightarrow \infty}(1+\frac{1}{x})^{x^{2}}$. Dengan menggunakan Teorema L'Hopital yaitu Aturan L'hospital 1 pada Analisis Riil berbunyi:  Misalkan  , misalkan terdiferensiasi pada dan   untuk semua   yaitu jika  , maka  jika  , maka  Selanjutnya akan dicari ketiga nilai dari limit tersebut. 1. akan dicari nilai dari $\lim_{x \rightarrow \infty}(1+\frac{1}{x})^{x}$ yaitu $\lim_{x \rightarrow \infty}(1+\frac{1}{x})^{x}=\lim_{x \rightarrow \infty}e^{ln((1+\frac{1}{x})^{x})}$ $\lim_{x \rightarrow \infty}(1+\frac{1}{x})^{x}=\lim_{x \rightarrow \infty}e^{xln(1+\frac{1}{x})}$ $\lim_{x \rightarrow \infty}(1+\frac{1}{x})^{x}=e^{\lim_{x \rightarrow \infty}(xln(1+\frac{1}{x}))}$ selanjutnya akan dicari $\lim_{x \rightarrow \infty}(xln(1+\frac{1}{x}))$ yaitu $\lim_{x \rightarrow \infty}(xln(1+\frac

Ring Faktor

RING FAKTOR (RING KUOSIEN)

  • Berdasarkan Teori Grup, jika H subgrup dari (R, +) dan pada R dikenakan relasi “a ~ b” jika dan hanya jika a-b∈H. untuk setiap a, b∈R, maka relasi~ merupakan relasi ekuivalen.
  • Oleh karena itu, R terpecah dalam kelas-kelas ekuivalensi.
  • Himpunan semua kelas-kelas ekuivalensi dinotasikan dengan R/H, dengan R/H = {a + H|a∈R} disebut koset penjumlahan dari H.

Teorema 1

Misalkan H subring dari ring R = (R, +, .). Perkalian pada koset penjumlahan dari H, R/H yang didefinisikan dengan (a + H)(b + H) = ab + H well defined (terdefinisi dengan baik) jika
dan hanya jika ah∈H dan bh∈H untuk setiap a, b∈R dan h∈H.


Teorema 2

Jika I ideal dari ring R, maka koset penjumlahan dari I, R/I, dengan operasi penjumlahan dan perkalian yang didefinisikan dengan (a + I) + (b + I) = (a + b) + I dan (a + I)(b+ I) = ab + I, membentuk ring. Ring ini disebut ring faktor (ring kuosien).

lanjutan....

  • Perhatikan bahwa untuk setiap ring R senantiasa mempunyai dua ideal, yaitu ideal tak sejati (improper ideal) R dan ideal trivial (trivial ideal) { 0 }.
  • Ring faktor R/R mempunyai satu elemen yaitu Ō = R, R/R = { R } isomorfik dengan R.
  • Ring faktor R/{ 0 } = { r | r∈R}.

Teorema 3

Misalkan R = (R, +, · ) ring komutatif dengan elemen satuan, M ideal maksimal di R jika dan hanya jika R/M lapangan.

Akibat:
Ring komutatif dengan elemen satuan merupakan lapangan jika dan hanya jika ring tersebut tidak mempunyai ideal sejati tak trivial

pembuktian:
  • (⇒) Misalkan R lapangan, maka R hanya mempunyai dua ideal, yaitu ideal tak sejati R dan ideal trivial { 0 }, dengan kata lain  R tidak mempunyai ideal sejati tak trivial.
  • (⇐) Misalkan R ring komutatif dengan elemen satuan dan tidak mempunyai ideal sejati tak trivial. Ini ⇐ berarti ideal dari R hanyalah { 0 } dan R. Dengan demikian { 0 } merupakan ideal maksimal dan Pada Teorema 3, R/{ 0 } lapangan. Selanjutnya karena R isomorfik dengan R/{ 0 }, maka terbukti bahwa R lapangan.

Teorema 4

Misalkan R = (R, +, · ) ring komutatif dengan elemen satuan dan P ≠ R ideal dari R, P merupakan ideal prima jika dan hanya jika R/P daerah integral.
Akibat:
Setiap ideal maksimal dalam di dalam ring komutatif dengan elemen satuan adalah ideal prima.

Pembuktian:
Misalkan M ideal maksimal di dalam ring komutatif dengan elemen satuan R. Pada Teorema 3, R/M
adalah lapangan. Selanjutnya karena setiap lapangan adalah daerah integral, maka pada Teorema 4, M adalah ideal prima.

Rangkuman

  • Diberikan ring R = (R, +, ·) dan I subgrup dari (R, +), I disebut ideal dari R jika untuk setiap r∈R, rI ⊆ I dan Ir⊆I. Koset penjumlahan R/I = { a + I | a∈R }terhadap operasi penjumlahan dan perkalian yang didefinisikan dengan (a + I) + (b + I) = (a + b) + I dan (a + I) · (b + I) = (ab) + I merupakan ring.
  • Ideal M di dalam ring komutatif dengan elemen satuan R adalah ideal maksimal, jika R tidak memuat ideal sejati tak trivial N dengan N ≠ M sedemikian hingga M ⊂ N ⊂ R. Ideal M maksimal jika dan hanya jika R/M lapangan.
  • Ideal P di dalam ring komutatif dengan elemen satuan R adalah ideal prima, jika untuk setiap a, b∈R dengan ab∈P berakibat a∈P atau b∈P. Ideal P prima jika dan hanya jika R/P daerah integral.
  • Setiap ideal maksimal adalah prima, tetapi tidak berlaku sebaliknya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Relasi Parsial Order (POSET)

Resensi Film Soekarno

Makalah Agama Islam: Perkembangan Islam pada Masa Kejayaan